Rabu, Februari 17, 2010

PASRAMAN SISWA SD SE- KAB.KARANGANYAR
DI PURA PASEKAN – KARANGPANDAN - KARANGANYAR


Dalam rangka meningkatkan sradha Agama Hindu dan juga mengisi waktu-waktu luang bagi siswa Hindu pada bulan puasa bagi siswa muslim, maka Guru-guru agama Hindu Karanganyar yang terdiri dari : Guru SD 34 orang,SMP 6 orang,SMA 2 orang (Guru Tidak Tetap/GTT) yang tergabung dalam KKG-MGMP (Kelompok Kerja Guru - Masyarakat Guru agama Mata Pelajaran) Pendidikan Agama Hindu Kabupaten Karanganyar, sepakat untuk mengadakan ”Pasraman” bagi siswa-siswi SD se Kabupaten Karanganyar. Kegiatan Pasraman ini merupakan yang kedua kalinya dilakukan dimana sebelumnya dilakukan tahun 2003 di Pasraman Pinandita Tawangmangu yang diikuti 150 orang siswa SD/SMP/SMA dan 30 guru. Kegiatan Pasraman yang kedua ini dilakukan di ”Petilasan Kyayi I Gusti Ageng Pemacekan dan Parhyangan Sapta Pandita, Dukuh Pasekan, Karangpandan, Karanganyar pada 14-15 Oktober 2006. Kegiatan kali ini dibatasi hanya tingkat SD saja itupun tidak semua siswa SD yang diikut sertakan walaupun mereka sebenarnya sangat antusias ingin mengikuti kegiatan ini. Pembatasan ini semata-mata karena waktu persiapan yang pendek yang dikhawatirkan kesulitan manajerialnya, mengingat jumlah siswa Hindu di Karanganyar cukup banyak, ada sekitar 350 Siswa dimana SD 200 orang,SMP 100 orang, SMA 50 orang. Yang menarik pada kegiatan ini adalah dana yang dikeluarkan merupakan ”Swadaya” murni guru-guru dengan mengeluarkan dana Rp. 25.000,- per-orang. Siswa yang ikut juga dipungut Rp.5.000,-/siswa tetapi dibayarkan oleh sekolah masing-masing, disamping menyiapkan transportasi dan alat-alat tulis sendiri-sendiri. Semangat seperti ini pantas diteladani dan didukung oleh para orang-tua, tokoh umat dan lembaga terkait untuk keterlibatannya, baik melalui sumbangan dana, materi seperti buku-buku, serta kebutuhan lainnya.
Susunan Panitia selengkapnya adalah :
• Pelindung : Kepala Dinas P&K Kabupaten Karanganyar
Kepala Kandepag Kab.Karanganyar
• Penasehat : PHDI Kabupaten Karanganyar
• Ketua : Dewa Ketut Segening,S.Ag.
• Sekretaris : Sartono, S.Ag.
• Bendahara : Endang Sulistyowati,Ama dan Warsiti,Ama
• Serta didukung oleh :
Sumarno,S.Ag,Sukarno,Ama., Sukiman,S.Ag, Kasiyo,S.Ag, Made Sabaryasa,S.Ag., Suyatno,Ama., Ngatmi,Ama.,Rusmini,Ama.,Ida Ketut Pidada Sunu,S.Ag.,Ramin,Ama.

Siswa-siswi yang hadir berjumlah 94 orang (Laki = 48 orang,Perempuan = 46 orang) dari kelas IV - VI, lebih dari 90% merupakan umat Hindu Suku Jawa, yang berasal dari berbagai SD di Wilayah Karanganyar, yaitu : KEC.JENAWI : SDN 02 menjing,SDN 01 dan 02 Sidomukti,SDN 01 dan 02 Anggrasmani, SDN 02 Trengguli, SDN 02 Munggur, SDN 02 dan 03 Balong, SDN 03 Gumeng, SDN 01 Gunung. KEC.NGARGOYOSO : SDN 01 dan 02 Ngargoyoso, SDN 03 dan 05 Kemuning. KEC.MOJOGEDANG : SDN 02 Ngadirejo KEC.JATEN : SDN 03 Jaten KARANGANYAR (KOTA) : SDN 01 karanganyar,SDN 02 Jongke, SDN 03 Cangakan.

Acara Pasraman diawali oleh Sambutan-sambutan oleh Ketua Panitia, dilanjutkan Sambutan dari Instansi Pemerintah yaitu : Drs.Surono - Kasubdin Pend.Agama Dinas P&K Kab.Karanganyar, D.Ma”ruf-Kasi PP Agama Dept.P&K Kab.Karanganyar, Rajino,S.Ag.-Penyuluh Agama Hindu DEPAG Kab.Karanganyar, dan Marwan – mewakili Kepala DEPAG Kab.Karanganyar. Setelah sambutan-sambutan selesai, maka kegiatan Pasraman dimulai sekitar jam 12 dengan Puja Tri Sandhya dipimpin Jero Mangku Pasek. Acara pemahaman Ajaran Hindu yang merupakan tujuan utama Pasraman di jadikan materi Pasraman meliputi : pemahaman akan Panca Sradha, Tat Twam Asi, Catur Guru, belajar menulis huruf Dewanagari, yang disampaikan: Rajino S.Ag.,Sumarni S.Ag.,Sutardiyanto,Ama., Pardi S.Ag., dan Sumarno,Ama. Selesai siswa beristirahat sore, Pasraman dimulai lagi sekitar pukul 18.00 dengan diawali Puja Tri Sandhya dan materi baru yang tidak kalah menarik, yaitu : Pengantar Dharma Wacana anak serta Sejarah Agama Hindu, sampai sekitar pukul 21.00 yang berarti session pertama ditutup dan siswa-siswi istirahat. Keesokan harinya kegiatan Pasraman dimulai pada pukul 06.00 dengan Puja Tri Sandhya dan Yoga dipimpin Sukiman S.Ag., dilanjutkan makan pagi, orientasi Tempat Suci, dan Evaluasi oleh Panitia. Sekitar pukul 9.30 Kegiatan Pasraman ditutup oleh Ketua Panitia dan pembacaan Doa Penutup dipimpin Jero mangku Pasek. Selesai doa siswa-siswi berpamitan dengan Guru-guru serta lainnya. Dengan wajah ceria para generasi muda Hindu ini pulang dijemput orang tua atau rombongan dengan Truck dengan memperoleh bekal pengalaman Pasraman selama 2 hari, semoga apa-pa yang diperoleh dapat memperkuat Sradha dan Bhakti anak-anak ini untuk kemajuan Hindu di Nusantara khususnya di Karanganyar. Diharapkan juga oleh panitia kedepan Kegiatan Pasraman bisa dilangsungkan kembali dengan pengemasan yang lebih baik. Sampai jumpa anak-anak jadilah umat Hindu yang teguh dalam Sradha dan Bhakti.


Penulis,


Nyoman Sukadana
Karanganyar - Solo - Jawa Tengah
15-10-2006

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan bagi yang ingin memberi komentar, masukan, rembug, atau sejenisnya dengan etis dan kesadaran untuk kebaikan bersama (Salam Pemilik Blog)