Selasa, Desember 01, 2009

LOKASABHA KE-2 PERADAH KABUPATEN KARANGANYAR JAWA TENGAH

Pada tanggal 15 Januari 2006 bertempat di Bale Banjar (Balairung) Petilasan Kyayi I Gusti Ageng Pemacekan dan Parhyangan Sapta Pandita, Dukuh Pasekan, Karangpandan, Karanganyar, Jawa Tengah, dilaksanakan Lokasabha ke-2 Peradah tingkat Kabupaten Karanganyar. Lokasabha yang dimulai pukul 10 wib dan berakhir pukul 18.wib ini berjalan sangat tertib dengan mengikuti Tatib-Tatib yang ada dibawah komando pimpinan sidang Pardi,S.Ag. Lokasabha kali ini intinya adalah melaksanakan Pemilihan Pengurus DPK Peradah Masa Bhakti 2006-2009. Perlu diketahui, bahwa Pengurus DPK Peradah sebelumnya yang dibentuk pada Lokasabha ke-1 pada 11 Maret 1984 di Gedung Golkar Karanganyar, sampai dengan Lokasabha ke-2 ini sudah berusia 21 tahun. Menurut Ketua Peradah hasil Lokasabha ke-1 Cipto Martono, S.Ag. kesulitan mencari Kader pemimpin, kesulitan konsolidasi, dan juga masalah dana mengakibatkan Lokasabha ke-2 baru bisa dilaksanakan setelah 21 tahun, walaupun demikian selama waktu itu kegiatan Peradah tetap berjalan dengan kemampuan yang ada, bahkan sering dengan dana pribadi, semua itu karena dedikasi Pengurus agar Peradah tetap bisa berjalan mengingat Karanganyar merupakan daerah yang umat Hindu asal Jawa cukup banyak, berbaur dengan umat Hindu asal Bali, Lombok dan Lampung.

Sebelum Lokasabha ke-2 dimulai, para peserta melakukan sembahyang bersama di Utama Mandala Petilasan Kyayi I Gusti Ageng Pemacekan dan Parhyangan Sapta Pandita dengan dipimpin oleh Jro Mangku Ketut Pasek. Para peserta yang terdiri dari dari umat Hindu yang berasal dari Bali, Jawa dan lainnya, berbaur dalam pemujaan kehadapan Hyang Widhi. Sampai akhirnya Ketua Panitia Lokasabha ke-2 Sumarno S.Ag, memulai sidang pada pukul 10 wib. Lokasabha ke-2 ini dihadiri oleh Undangan, yaitu : Ketua DPD II KNPI Karanganyar Drs. Drajad Sri Widodo (dalam hal ini diwakili H.Suparmi), Ketua DPP Peradah Jateng Pande Putu Indra Widiyana,ST, Ketua PHDI Karanganyar Sujarwo, Ketua PHDI Kec. Mojogedang Suwinto- Kec.Jenawi Sukiman – Kec.Ngargoyoso Sularto – Kec.Jaten Sugito, juga dihadiri unsur Organisasi umat Hindu seperti : FORHIN Ngargoyoso Joko Supriyanto, dan Ketua Paguyuban Umat Hindu Majapahid Yoko Toh Jiwo. Keseluruhan peserta yang hadir sekitar 50 orang. Urutan Pokok Acara Lokasabha ke-2 ini adalah : Sidang Pleno Pertanggung Jawaban Pengurus Peradah hasil Lokasabha ke-1 disampaikan ketua Cipto Martono, S.Ag. dan diterima oleh peserta sidang, dilanjutkan oleh Sidang Komisi yang membahas Program Kerja, dan puncaknya adalah Sidang Pleno Pemilihan Ketua DPK Peradah Kab.Karanganyar Masa Bhakti 2006-2009. Pada sessi Pemilihan Ketua DPK Peradah, pada tahap awal terjaring 4 kandidat selanjutnya menjadi 3 Kandidat dengan urutan suara terbanyak : Yoko Toh Jiwo, Eko Sulardi dan Atma Jatiningati. Yoko Toh Jiwo yang pada pemilihan awal telah menyampaikan penolakan untuk dicalonkan sebagai calon Ketua karena sedang menjabat sebagai Ketua Paguyuban Umat Hindu Majapahid , oleh peserta sidang tetap diminta untuk maju. Juga ketika sessi penyampaian Visi & Misi oleh 3 kandidat Yoko Toh Jiwo tidak menyampaikan Visi & Misi nya karena pertimbangan diatas. Pemilihan Ketua DPK Peradah akhirnya berakhir dengan Eko Sulardi memperoleh suara terbanyak yaitu 14 suara, disusul Atma Jatiningati 12 suara, dan Yoko Toh Jiwo dengan 9 suara pada pukul 15.50 wib. Dengan demikian Eko Sulardi terpilih sebagai Ketua DPK Peradah Masa Bhakti 2006-2009. Acara dilanjutkan dengan Pembentukan Pengurus dan seksi-seksi melalui Formatur sebanyak 9 orang dimana 3 kandidat ikut didalamnya. Selengkapnya Susunan Pengurus DPK Peradah Kab.Karanganyar masa bhakti 2006-2009, adalah : Ketua : Eko Sulardi, Wakil Ketua : Sumarno, S.Ag., Sekretaris I : Atma Jatiningati, Sekretaris II : Sartono, S.Ag., Bendahara I : I Gede Yopi Saputra, Bendahara II : Dyah Ayu Retno Widiastuti. Akhir Acara adalah : Pelantikan Pengurus dan Seksi-Seksi oleh Ketua DPP Peradah Jateng, sambutan Ketua DPK Peradah terpilih, sambutan dan pesan Ketua DPP Peradah jateng, dan Penutupan Lokasabha ke-2 DPK Peradah Kab.Karanganyar dengan Parama Shanti.


Dilaporkan,

Nyoman Sukadana
Karanganyar-Solo-Jawa Tengah
16-01-2006

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan bagi yang ingin memberi komentar, masukan, rembug, atau sejenisnya dengan etis dan kesadaran untuk kebaikan bersama (Salam Pemilik Blog)