Selasa, Desember 01, 2009

PELANTIKAN PENGURUS PHDI JATEN
KARANGANYAR - JATENG

Karanganyar adalah sebuah Kabupaten di Jawa Tengah yang merupakan salah satu kantong Hindu yang sebagian besar adalah umat Jawa. Disini juga banyak peninggalan Hindu seperti Candi Ceto dan Candi Sukuh yang dapat menggambarkan sebuah peradaban adiluhung yang berintikan Hindu, juga Gunung Lawu yang punya kaitan erat dengan umat Hindu didaerah ini termasuk dengan Majapahit Jawa Timur. Hubungan umat Hindu disini dengan dari Bali sangat baik sehingga sering dilakukan event-event yang bernuansa spiritual seperti Persembahyangan di Candi Ceto, di Petilasan Kyayi I Gusti Ageng Pemacekan, dan di Pura-Pura kantong Hindu ini dimana umat Hindu Jawa dan Bali berbaur dalam suasana kekeluargaan yang baik. Birokrasi di Karanganyar juga sangat mendukung seperti Bupati dan Dinas Pariwisata karena Karanganyar memang cocok untuk Pariwisata Spiritual dan Pariwisata Budaya. Yang sangat penting adalah sudah terbentuknya PHDI Kabupaten Karanganyar sekitar 5 tahun yang lalu dilaksanakan di Petilasan Kyayi I Gusti Ageng Pemacekan Karangpandan Karanganyar. Selanjutnya disusul dengan terbentuk PHDI – PHDI Kecamatan, bahkan ditempat yang sama pada 4 Februari 2006 juga dilantik Pengurus PERADAH Karanganyar pergantian dari pengurus lama yang dipegang selama 20 tahun karena kesulitan Kaderisasi.

Kecamatan Jaten adalah salah satu dari Kecamatan di Karanganyar yang boleh dibilang terlambat dibandingkan kecamatan lainnya dalam pembentukan PHDI padahal Jaten punya nilai strategis dan juga unik, dimana lokasinya berbatasan dengan Solo (Surakarta) dan umat Hindu etnis Bali banyak tinggal ditempat ini. Atas desakan yang tidak pernah henti-hentinya dari Sesepuh umat Hindu Jawa – Supanggih kepada umat Hindu di Jaten, maka akhirnya berhasil dibentuk PHDI Jaten yang pelantikannya dilakukan pada Hari Minggu, 17 Juni 2007 di Aula Kecamatan Jaten – Karanganyar. Pelantikan dilakukan oleh Sudjarwo Adipuro Ketua PHDI Karanganyar, dan dihadiri oleh Pengurus PHDI Jenawi, dan umat Hindu Ngargoyoso, Mojogedang serta Karangpandan dan Jaten. Acara juga dihadiri Tri Muspika Kecamatan Jaten. Prosesi acara cukup meriah dengan diawali Tari Sekarjagat dan Pembacaan Sastra Suci Weda. Sambutan diberikan oleh Wakil dari Camat Jaten, Ketua PHDI Karanganyar, juga Sesepuh Hindu Supanggih.

Susunan selengkapnya Personalia PHDI Jaten Masa Bhakti 2007 -2012 adalah :

Paruman Pandita : JM Katut Pasek, JM Made Murti, JM Nyoman Sukadana , Pndt Mudiarso,.
Paruman Walaka : Nyoman Murtana, IB Putu Santika, Kd Pardila, Ketut Pariarta, Dewa Gd Sutirta, Sugito, Ketut Yasa.
Pengurus Harian :
Ketua : Nyoman Suendi
Wakil Ketua : IB Arnawa
Sekretaris : Nyoman Chaya , Nyoman Sukirna
Bendahara : Gede Yopi Saputra, Made Suastika
Seksi-Seksi :
Sie Sosial Budaya : Kt Saba, Wy Sadra, Sulistyo Haryanti, Made Widani.
Sie Pend.Generasi Muda : Sumarno, Atmajatiningati, AA Sugiyanto, IB Alit Putra.
Sie Humas : Nengah Surata, Dewa Gd Wirantika


Dilaporkan,


Nyoman Sukadana
Karanganyar - Solo - Jawa Tengah
14-07-2007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan bagi yang ingin memberi komentar, masukan, rembug, atau sejenisnya dengan etis dan kesadaran untuk kebaikan bersama (Salam Pemilik Blog)