Rabu, Januari 13, 2010

PERAYAAN NYEPI SISWA & GURU SD SE-SURAKARTA

Dalam rangkaian Perayaan Nyepi / Tahun Baru Saka 1929, umat Hindu dalam hal ini Guru-Guru SD Se-Surakarta mengadakan Perayaan Nyepi melalui kegiatan yang positif yang diselenggarakan pada 24 Maret 2007 di Pura Indraprasta–Mutihan-Sondakan-Laweyan-Surakarta. Seperti disampaikan oleh Sriyanto salah seorang Guru SD yang juga panitia menyampaikan tujuan perayaan Nyepi ini disamping untuk mempertebal Sradha dan Bhakti siswa, juga untuk mempererat kekeluargaan antar siswa dengan siswa dan dengan guru-guru. Seperti diketahui Guru Agama Hindu di Surakarta ini sangat terbatas jumlahnya dimana satu Guru Agama Hindu SD bisa mengajar di 2 – 5 SD, disamping karena siswa Hindu juga terbatas dimana satu sekolah hanya ada 1 – 3 siswa saja, namun guru-guru ini tetap tegar dan berusaha agar bendera Hindu tetap berkibar di sekolah-sekolah di Surakarta apalagi sekolah juga mendukung keberadaan guru-guru ini sebagai guru resmi. Permasalahan keterbatasan siswa ini juga terjadi pada tingkat SMP , SMA dan Mahasiswa, walaupun demikian karena dorongan orang tua siswa dan juga dukungan sekolah, maka untuk Tk SMP dan SMA siswa diberi pelajaran agama Hindu di Pura dan soal-soal diserahkan ke sekolah saat test siswa. Guru-guru Hindu ini ada yang dari jalur Depag dan Dekdikbud atau resmi tetapi ada yang bukan, khususnya pembelajaran agama Hindu di Pura, yang lebih karena inisiatif orang tua agar proses pembelajaran agama Hindu bisa diperoleh dan anak-anak tidak diberikan pelajaran agama lain di sekolah. Kedepan perlu penataan yang lebih baik dari PHDI dan Depag, untuk tercapainya pembelajaran agama Hindu di sekolah-sekolah dan Kampus dengan lebih baik dan Hindu melalui guru dan Dosen Hindu memperoleh penghargaan di sekolah dan Kampus.

Jalannya Perayaan
Perayaan Nyepi ini diikuti oleh sekitar 30 siswa SD se Surakarta klas I-V dengan 6 orang guru SD yang merangkap Panitia. Guru dan SD tersebut, yaitu : Sriyanto dengan 5 SD, Sugeng dengan 3 SD, Kadarwati 3 SD, Setyaningsih 3 SD, Sus Bastutik 2 SD, dan Sumini dengan 1 SD. Dana untuk acara ini dari bantuan sekolah, swadaya siswa dan tabungan siswa (Dana punia) yang dilakukan setiap pelajaran agama Hindu di sekolah sebesar Rp.1.000 – Rp.5000,- bersifat sukarela. Acara dimulai sekitar pukul 08.30 dengan Persembahyangan Bersama, dilanjutkan Sambutan-sambutan dari : Ketua PHDI Solo (diwakili Sekretaris IB Komang Suarnawa), Ketua Panitia – Sriyanto, dan Sesepuh umat Hindu – Sunarto,Sag. Dilanjutkan Lomba mewarnai Candi/Meru, melukis, dan Tri Sandhya. Setelah makan siang dilanjutkan dengan pembagian hadiah, sembahyang, dan Penutup sekitar pukul 12. Anak-anak siswa SD ini tampak menikmati sekali kegiatan lomba juga guru-guru penuh dedikasi mengemong acara ini sehingga berjalan dengan lancar sampai akhir. Sementara para orang-tua juga ikut berbaur dengan mereka dalam suasana kekeluargaan yang baik karena melalui acara ini mereka jadi saling mengenal umat Hindu lainnya yang memang tersebar di beberapa wilayah Solo dan sekitar seperti : Karanganyar, dan Sukoharjo yang mana umat Hindu dari Bali berkelompok kedalam Banjar Solo Barat, Tengah, dan Timur, jadi kali ini seperti bertemu dengan teman baru. Lomba Mewarnai dan Melukis dikelompokkan menjadi 5 Kelompok yaitu Klas I – V. Hasil Lomba yang diumumkan pada akhir acara serta pembagian hadiah adalah : Mewarnai : Kadek Wahyu Rustiani (Klp I), Ida Ayu Putri Astuti (Klp II), Artha Gendewa Putra (Klp III), Melukis : Pande Putu Dika (Klp IV), Klp V : Juara I – Dewa Ayu Putu Nadya H, Juara II-Kadek Sukma Asrita P, Juara III-Ni Made Gayatri. Tri Sandhya : Juara I-Putu Anom, Juara II-Dewa Ayu Putu Nadya H, Juara III-Wipra Nur Ananda. Hadiah juga diberikan kepada anak-anak yang dianggap berani atau membuat suasana gembira karena tampil Menyanyi, mereka adalah : Komang Srishti Pranisa, Tasya, Yoga, dan Metha.



Dilaporkan,


Nyoman Sukadana
Karanganyar - Solo - Jawa Tengah
08-04-2007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan bagi yang ingin memberi komentar, masukan, rembug, atau sejenisnya dengan etis dan kesadaran untuk kebaikan bersama (Salam Pemilik Blog)